Categories
Parenting

Mengapa Perlu World Kidney Day

Hari Ginjal Sedunia atau World Kidney Day (WKD) adalah sebuah inisiatif kerja sama dari the International Society of Nephrology (ISN) dan the International Federation of Kidney Foundations (IFKF) yang memiliki misi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di seluruh dunia akan pentingnya peranan ginjal bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh dan untuk mengurangi frekuensi dan dampak dari penyakit ginjal yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan lainnya.

Baca juga : Beasiswa s1 jerman

Tujuan dilaksanakannya Hari Ginjal Sedunia ini adalah: ? Meningkatkan kesadaran betapa pentingnya peranan ginjal bagi kelangsungan hidup manusia. ? Menekankan bahwa diabetes dan hipertensi adalah faktor utama penyebab penyakit ginjal kronik atau Chronic Kidney Disease (CKD). ? Memotivasi pasien yang menderita diabetes dan hipertensi untuk melakukan screening CKD secara sistematis. ? Memotivasi untuk melakukan pencegahan penyakit ginjal. ? Memotivasi pakar kesehatan akan pentingnya peran mereka dalam melakukan deteksi dini dan menurunkan tingkat risiko CKD, terutama pada populasi dengan risiko tinggi terserang penyakit ginjal. ?

Menekankan pentingnya peranan para pakar kesehatan dalam mengontrol epidemi penyakit ginjal kronik. Pakar kesehatan di seluruh dunia akan berhadapan dengan tingginya dan peningkatan biaya apabila tidak ada tindakan pencegahan. Pada Hari Ginjal Sedunia, pemerintah di seluruh dunia didorong untuk melakukan suatu tindakan dan investasi dalam deteksi penyakit ginjal. ? Mendorong masyarakat melakukan transplantasi sebagai pilihan terbaik untuk gagal ginjal dan memberikan dukungan bagi mereka yang berinisiatif menjadi donor untuk memperpanjang usia pasien gagal ginjal.

Tahukah Mama?

Ginjal, dalam sistem metabolik tubuh manusia, amat berperan penting lantaran menjadi organ penyaring racun dan zat-zat sisa dalam darah. Ginjal juga berfungsi menjaga keseimbangan volume dan komposisi cairan tubuh, mengatur keseimbangan asam-basa, konsentrasi elektrolit, pengaturan tekanan darah dan memproduksi vitamin D aktif yang membantu mempertahankan tulang yang sehat. Dalam keseimbangan sirkulasi darah dalam tubuh, ginjal mengatur tekanan darah serta memproduksi sel darah merah. Setiap hari, ginjal menyaring 180 liter darah. Ginjal menerima 100-120 ml darah per menit dimana jumlah ini sangat besar dibandingkan dengan ukurannya yang kecil. Hal tersebut menunjukkan bahwa ginjal menyaring darah sebanyak 50 kali dalam sehari.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *