Categories
Home

Kapan Waktu Ideal Melunasi KPR? Bagian 2

Mengurangi Risiko Penalti

Melunasi KPR sebelum habis masa angsurannya bukan berarti tanpa risiko. Selain harus mengeluarkan dana yang besar, pada umumnya bank memberlakukan sistem denda atau penalti untuk pelunasan KPR sebelum waktunya.

Hal ini diberlakukan untuk menghindari kerugian yang diderita pihak bank sebab nilai uang yang mereka pinjamkan ke nasabah akan kembali dalam jumlah yang lebih sedikit. Jika nasabah melunasi KPR sesuai jangka waktu yang sudah ditentukan, maka nilai uang milik bank yang kembali akan lebih besar. Menurut Pandji, beda bank, beda pula aturan penalti yang akan dikenakan pada nasabah.

Besarnya penalti juga bergantung pada tahun ke berapa Anda melakukan pelunasan. Semakin cepat Anda melunasi cicilan, maka semakin besar penalti yang diberikan. Penalti dari bank biasanya akan mengecil jika Anda melakukan pelunasan di tahun ke-8 dari 15 tahun jangka waktu yang ditentukan. Kebanyakan bank biasanya memberlakukan aturan penalti 1% di tahun itu dari jumlah cicilan pokok yang belum dilunasi. Namun, ada kemungkinan juga Anda tidak dikenakan penalti jika Anda sudah memasuki cicilan tahun ke-10 dan seterusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *