Categories
Berita

Frida Kahlo dan Diego Rivera Bag5

Semuanya ada kurang-lebih 30 lukisan koleksi Natasha dan Jacques Gelman. Selain memiliki lukisan-lukisan potret diri Kahlo dan beberapa lukisan ekspresionis Rivera, mereka mengumpulkan karya gambar Kahlo yang terutama merupakan sketsa atau tumpahan pemikiran terhadap situasi sosial-politik di Meksiko.

Kisah hidup Frida Kahlo memang terasa lebih dominan dalam pameran ini, terutama karena koleksi pasangan Gelman lebih banyak berfokus pada Kahlo ketimbang Diego Rivera. Pasangan Gelman menjadi bagian hidup Kahlo ketika ia menghadapi penderitaan tubuh yang tak berkesudahan, operasi demi operasi karena kecelakaan yang pernah menimpanya, dan ketika Rivera menjalin hubungan dengan perempuan-perempuan lain secara terang-terangan.

Juga ketika Kahlo banyak mengasingkan diri di kediamannya di Casa Azul bersama beberapa binatang kesayangannya. Di sebuah sudut ruang pamer bahkan dipajang beberapa surat pribadi Kahlo yang ia kirim kepada sang ibu selama petualangannya di Amerika dan Eropa. Meskipun surat ditulis dalam bahasa Spanyol, pembaca bisa langsung membaca terjemahannya melalui beberapa peranti teknologi layar sentuh yang disediakan di ruang tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *