Categories
Education

Contoh Percakapan Bahasa Inggris 2 orang Saat Wawancara

Contoh Percakapan Bahasa Inggris 2 orang – Dialog bahasa inggris 2 orang dalam wawancara entah itu beasiswa atau lamaran kerja adalah hal yang wajib anda ketahui. Karena bagi anda yang ingin bekerja di perusahaan multinasional atau meraih beasiswa, biasanya wawancara jarang dilakukan dalam bahasa indonesia melainkan tentu saja dalam bahasa inggris.

Dan biasanya ada beberapa syarat selain anda harus bisa berbahasa Inggris biasanya anda memerlukan sertifikat IELTS karena skor IELTS bisa menjadi salah satu acuan bagi anda untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri.

Oleh karena itu, bagi anda yang belum pernah menjalani percakapan bahasa inggrsis 2 orang dalam sesi wawancara kerja atau wawancara kerja, maka perlu mengetahui struktur isi wawancara dan tips tips cara menjawab wawancara yang elegan sehingga membuat pewawancara terkesan dan biasanya soal soal ini sering ada di latihan soal IELTS Jakarta.

Struktur isi wawancara percakapan bahasa inggris 2 orang ini perlu diketahui dari awal agar memudahkan anda menebak arah diskusi dan juga mempersiapkan diri menyiapkan jawaban-jawaban yang dibutuhkan. Karena biasanya yang ditanyakan dalam sesi wawancara tidak akan jauh berbeda dengan sesi wawancara dalam bahasa indonesia.

Dialog bahasa inggris 2 orang dalam sesi wawancara beasiswa biasanya mutlak tidak dilakukan seorang pewawancara kepada seorang peserta, tetapi itu semua tergantung dengan kepentingan perusahaan. Ada yang memberikan satu pewawancara, ada juga dalam bentuk komite atau panel yang berisi dua hingga tiga orang.

Nah, untuk mempermudah, biasanya sesi wawancara baik yang dilakukan dua orang ataupun tiga hingga empat orang biasanya sama aja topik-topik pembicaraan. Yang membedakan hanyalah jumlah penanya yang menjadi lebih banyak, sehingga anda hanya perlu menyiapkan mental ketika dicecar oleh orang yang berbeda.

Tips Menguasai Percakapan Bahasa Inggris 2 orang

 Contoh Percakapan Bahasa Inggris 2 orang

Pada percakapan bahasa inggris 2 orang, tips tips utama yang perlu diperhatikan anda harus menguasai topik topik bahasa inggris seputar beasiswa yang akan anda tuju. Misalnya jika LPDP, maka topik yang biasanya akan ditanyakan adalah motivasi (motivaton), penghargaan (achievment), nasionalisme (nationalism) serta topik-topik seputarnya seperti pengabdin masyarakat (community development).

Topik-topik ini akan berbeda ketika anda menghadapi beasiswa Chevening atau Australia Awards yang biasanya pada awal masih berbicara motivasi (motivation), kemudian penghargaan (achievment), tetapi akan berlanjut kepada pengetahuan kita (scientific), relasi indoensia dengan negara tersebut (international relations) dan topik-topik spesific seperti gender (gender, feminism) dan hak asasi manusia (human right).

Hal ini tentu akan berbeda ketika anda menghadapi sebuah dialog bahasa inggris 2 orang dalam sesi wawancara perusahaan multinational yang berada di indonesia, atau sesi wawncara bahasa inggris ketika melamar pegawai negeri sipil. Biasanya tema tema dan topik yang dibicarakan soal motivasi kerja, kemampuan (skill), rencana kedepan (plan) serta baground pekerjaan sebelumnya (background).

Contoh Percakapan Bahasa Inggris 2 orang Saat Wawancara beasiswa

Setelah mempersiapkan topik-topik yang akan didiskusikan, kemudian pelajari struktur pertanyaan dan jawaban yang biasanya akan muncul secara paralel atau berkelanjutan. Misalnya begini, pada tahap awal biasanya pewawancara akan memperkenalkan diri, kemudian meminta anda untuk memperkenalkan diri (introduction), kemudian baru membahas berkas aplikasi anda, baru kemudian soal topik-topik yang lebih spesifik.

Untuk lebih jelasnya berikut simulasi awal contoh percakapan bahasa inggris 2 orang dalam sesi sebuah wawancara beasiswa lpdp:

Pewawancara: Good morning, Andri, have a seat please. How do you feel today?

Andri: Good Morning sir, thank you, I feel good, feel blessing to meet you.

Pewawancara: Ok Mr Andri, My name is Joko Satrio, lecturer at UNJ Jakarta and appointed to be interviewer on this session. According from your application, you graduated from Universitas Indonesia, Bachelor of Science majoring Biology and will continues study in Master of Science in Malaysia. Could you introduce yourself to me?

Andri: Thank you Mr Joko Satrio. I would like to introduce myself. My name is Andri. I was born in Tasikmalaya 20th of June 1990. Graduted from UI Majoring in Biology and will continue master of science in Malaysia. During study in UI, I have many achievment like 1st Winner of Mahasiswa Berprestasi in teh Faculty of Biology, and also appointed as delegation in ASEAN Youth Conference in Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *