Categories
Berita

Alat Pesta Pernikahan di Rumah atau Gedung yang Wajib Ada

Alat Pesta Pernikahan – Menyelenggarakan pesta pernikahan tidak terlepas dari perlengkapan baik itu pesta yang diadakan di rumah atau gedung. Untuk mempermudah pemilik acara menyelenggarakannya sudah banyak vendor yang menyediakan peralatan tersebut

Misalnya saja vendor dekorasi atau vendor catering berpengalaman seperti di catering Soulofren, karena merancang pesta pernikahan sendiri menjadi lebih mudah dengan bantuan vendor.

Walaupun mudah, tapi Anda yang berencana untuk mengadakan resepsi harus paham betul alat apa saja yang dibutuhkan. Supaya ketika hari H tidak ada alat yang tertinggal dan tidak disiapkan sama sekali.

Lebih mudah lagi Anda membuat daftar peralatan apa saja yang diperlukan dan menyerahkannya kepada panitia. Anda juga bisa mendiskusikan alat kepada panitia yang berpengalaman mengadakan resepsi.

Jenis Alat Pesta untuk Pernikahan di Rumah atau Gedung

contoh Alat Pesta Pernikahan

Apabila tidak ada panitia yang dibentuk dari kerabat sendiri, maka Anda juga bisa memanfaatkan jasa wedding organizer dan WO. Melalui WO Anda tak perlu pusing memikirkan kelengkapan peralatan, karena semua sudah diatur dan disiapkan sebaik mungkin. Anda hanya perlu mendapatkan laporan kesiapannya dari hari ke hari mendekati acara berlangsung.

Jadi Anda tetap harus tahu apa saja peralatan yang dibutuhkan saat pesta berlangsung bukan? Mempermudah Anda untuk cek list peralatan, berikut ini daftar yang harus diingat.

  1. Tenda, kursi dan meja

Bagi Anda yang merayakan pesta pernikahan di rumah, maka tambahan tenda, kursi tamu dan juga meja adalah daftar nomor satu yang harus disiapkan. Pilihlah tenda yang mampu dipasang dan memenuhi area sekitar rumah sehingga mampu menampung tamu yang datang. Ada banyak jenis tenda yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan tema pernikahan yang dipilih.

  1. Panggung pelaminan

Untuk pesta di gedung biasanya panggung sudah dipersiapkan sehingga Anda hanya perlu menyewa pelaminannya saja.

Namun untuk pernikahan di rumah biasanya membutuhkan panggung tambahan untuk meletakkan pelaminan. Sesuaikan panggung pelaminan ini sesuai dengan tema yang dipilih. Tapi perlu diingat juga bahwa penggunaan panggung tidaklah wajib.

Beberapa tema modern biasanya tidak membutuhkan panggung. Cukup pelaminan saja yang terdiri dari background, meja dan kursi pasangan pengantin serta kedua orang tua.

  1. Meja, gubuk, dan perlengkapan catering

Biasanya tempat catering makanan pernikahan seperti di tempat catering souljournal

sudah menyiapkan barang-barang ini jadi Anda hanya perlu memperhatikan daftarnya saja. Meja yang digunakan biasanya adalah meja panjang untuk menghidangkan makanan prasmanan. Penggunaan meja disesuaikan dengan jumlah makanan yang dipesan, bisa satu atau dua. Meja juga dihias sesuai dengan tema pernikahan.

Ada juga tambahan gubuk apabila Anda memesan menu gubuk dan perhatikan tata letaknya supaya mudah dijangkau oleh tamu.

Gubuk dari catering ini juga akan dihias seragam dengan tema pernikahan. Namun ada juga katering yang tidak menyediakan gubuk atau meja, jadi Anda harus menyiapkannya sendiri.

  1. Meja penerima tamu

Baik di rumah atau di gedung, meja penerima tamu wajib ada. Di atas meja harus terdapat buku tamu, kotak uang, pena, serta souvenir. Meja ini juga harus dihias dengan kain yang sesuai dengan tema resepsi. Meja tamu wajib dijaga oleh penerima tamu sepanjang acara dan pastikan selalu aman karena berisi kotak uang dari para tamu.

  1. Dekorasi

Tak ada yang membuat pesta pernikahan jadi lebih menarik selain dekorasi. Baik itu dekorasi dalam ruangan atau outdoor sesuai dengan tema pernikahan. Anda juga bisa menambahkan dekorasi berupa spot foto bagi para tamu yang unik sesuai dengan tema. Ada juga dekorasi minimalis atau vintage yang menggunakan benda-benda DIY sehingga terlihat unik.

  1. Peralatan audio visual

Audio visual adalah peralatan yang paling penting untuk selalu dicek fungsinya. Seperti mic, speaker, mixer untuk musik, dll. Ada juga peralatan audio visual berupa proyektor dan layar jika Anda berencana untuk memutar video khusus tentang pasangan pengantin.

  1. Blower

Pesta yang diadakan dalam ruangan atau luar ruangan membutuhkan blower untuk menjaga ruangan tetap nyaman. Apalagi jika pesta diadakan siang hari dengan tamu undangan yang jumlahnya ribuan.

Supaya menjaga udara dalam ruangan tetap kondusif Anda harus menyewa blower dan tempatkan pada titik-titik ruangan tertentu. Jangan lupa untuk selalu mengecek peralatan ini sebelum hari H ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *