Categories
Home

6 Hal Penting Seputar KPA

Miliki apartemen idaman dengan fasilitas Kredit Pemilikan Apartemen (KPA). Apartemen bisa dibilang salah satu properti yang semakin diminati, terlebih bagi masyarakat yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Lokasi yang dekat dengan tempat beraktivitas serta fasilitas lengkap yang ditawarkan menjadi nilai lebih dari hunian vertikal ini. Belum lagi, apartemen termasuk jenis properti yang nilai investasinya cukup menjanjikan sehingga membuat banyak orang ingin memilikinya.

Akan tetapi, membeli apartemen secara tunai bisa dikatakan cukup berat bagi sebagian kalangan. Ini dikarenakan harga apartemen saat ini terbilang cukup tinggi. Tetapi, bagi Anda yang berminat membeli dan tinggal di apartemen tidak perlu khawatir. Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) bisa jadi solusinya. Kali ini akan membahas 6 hal penting seputar KPA yang harus diketahui.

Kelebihan sebuah apartemen tentunya adanya sebuah genset sebagai sumber listirk alternatif. Harga genset untuk apartemen itu sendiri bisa Anda ketahui melalui Distributor Jual Genset Bali yang memberikan potongan harga dan garansi resmi.

Pengajuan Awal

Ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi untuk membeli apartemen dengan cara KPA. Anda akan diminta mengisi formulir pengajuan KPA di kantor cabang bank terpilih. Setelah mengisi formulir, Anda akan diminta melengkapi dokumendokumen yang diperlukan. Misalnya, untuk pengajuan KPA di bank BTN, dokumen yang perlu Anda lengkapi antara lain: • Fotokopi KTP, • Fotokopi KK, • Fotokopi surat nikah, • Foto berwarna ukuran 3×4 (4 lembar), • Fotokopi surat keterangan pengangkatan pegawai tetap, • Fotokopi SHM/SHGB dan IMB, • Fotokopi buku rekening tabungan 3 bulan terakhir (tidak harus bank BTN), • Fotokopi slip gaji, • NPWP.

Baca Juga: Universitas Jerman Terbaik

Uang Muka

Untuk membeli apartemen dengan KPA, Anda harus menyiapkan sejumlah uang sebagai Down Payment (DP) atau uang muka. Besarnya uang muka berbeda-beda tergantung dari bank penyedia fasilitas KPA. Sebagai contoh KPA dari bank BTN. Uang muka yang dikenakan jika ingin mengajukan KPA adalah 20% dari besarnya harga apartemen.

Suku Bunga

Seperti jenis pinjaman bank lainnya, KPA juga mengenal bunga yang harus Anda bayarkan selama masa cicilan. Besarnya suku bunga dipengaruhi oleh besarnya plafon pinjaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *