Categories
Home

6 Hal Penting Seputar KPA Bagian 2

Misalnya untuk bank BTN, besarnya suku bunga yang dikenakan untuk plafon pinjaman diatas Rp350 juta adalah 12%, sedangkan jika plafon pinjaman di bawah Rp350 juta, suku bunga yang dikenakan adalah 11,5%. Suku bunga tersebut bernilai tetap atau (fixed) selama 1 tahun, lalu mengambang (floating) mengikuti suku bunga BI di tahun berikutnya. Namun beda bank, beda pula aturan suku bunganya. Contohnya di bank BCA, KPA di bank ini menawarkan beberapa suku bunga tetap, yaitu selama 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, atau 5 tahun dengan lamanya cicilan maksimal 15 tahun.

Baca juga : Distributor resmi genset silent di Surabaya

Biaya Lain

Ketika mengajukan KPA Anda akan dikenakan biaya administrasi atau yang biasa disebut biaya prarealisasi. Besaran biaya ini bisa berbeda-beda, tergantung dari bank penyedia fasilitas KPA. Sebagai contoh, jika Anda mengajukan KPA di bank BTN, biaya prarealisasi yang akan dikenakan adalah sebesar 7% dari besarnya plafon pinjaman. Biaya prarealisasi ini harus Anda bayarkan setelah proses akad kredit.

Mengalihkan KPA

Ketika proses pencicilan KPA berjalan, bisa saja Anda merasa suku bank lain lebih ringan sehingga tertarik untuk berpindah bank atau oper kredit. Sama seperti KPR, cicilan KPA juga bisa dialihkan ke bank lain. Untuk mengajukan oper kredit KPA Anda harus mengisi kembali formulir pengajuan KPA di bank tujuan pengalihan. Proses ini hampir sama dengan proses pengajuan awal. Hanya saja, bank nantinya akan menghitung berapa dana cicilan yang sudah masuk lalu menghitung selisihnya untuk mendapatkan cicilan yang harus Anda bayarkan di bank yang baru.

KPA Untuk Apartemen Second

Jangan kira fasilitas KPA hanyalah untuk pembelian apartemen baru saja. Apartemen bekas atau second-pun bisa Anda miliki dengan KPA. Namun, hanya beberapa apartemen yang menawarkan fasilitas KPA untuk pembelian unit apartemen second. Jadi jika berminat untuk membeli apartemen second dengan KPA, pastikan dahulu apakah apartemen tersebut menyediakan fasilitas ini atau tidak. Anda juga bisa bertanya pada bank mengenai tawaran KPA apartemen second yang ada saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *